Rabu, 10 November 2021

Upaya Mengatur Komunikasi Internal

INTERNAL COMMUNICATION

Cipta Madani 

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam semester III


        Berbicara mengenai komunikasi seolah tidak ada habisnya, karena bidang keilmuan yang satu ini memang mencakup hampir keseluruhan aspek dalam kehidupan. Komunikasi internal merupakan komunikasi yang terjadi dalam lingkungan kantor atau organisasi. Komunikasi ini bisa terjadi antara karyawan dengan karyawan, karyawan dengan atasan, dan atasan dengan atasan. Komunikasi ini terjadi karena terdapat sebuah struktur dalam organisasi. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja SDM dalam organisasi. Biasanya terjadi proses pertukaran informasi diantara batang-batang struktur organisasi. Kualitas komunikasi ditentukan dari frekuensi dan intensitasnya. Akan selalu ada konflik dan atau hal yang dianggap tidak sesuai dalam sebuah organisasi.



Komunikasi antar anggota tim yang efektif dapat membantu Usaha Sosial Anda untuk menjadi lebih produktif dan membuat suasana Usaha Sosial Anda menjadi lebih menyenangkan. Sebagai contoh, saat Usaha Sosial Anda mengerjakan sebuah proyek yang berat, komunikasi yang jelas antara Anda dengan anggota tim akan mengakibatkan proyek yang Anda kerjakan selesai tepat waktu dan mengurangi jumlah kesalahan yang berpotensi untuk terjadi. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Oleh karena itu, anggota tim Usaha Sosial Anda harus berusaha untuk mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik.

Adapun upaya dalam mengatur komunikasi internal yang efektif dalam TIM sebagai berikut :

1. Mendengar saja tidak cukup

Mendengarkan lawan bicara anda bukan hanya sebatas mendengar dan mengerti apa yang disampaikan oleh lawan bicara anda, tetapi juga berusaha untuk membuat lawan bicara anda nyaman dalam menyampaikan informasi.

2. Berbicara dengan jelas dan terstruktur bisa dilatih

Berbicaralah dengan jelas, terstruktur, dan percaya diri, sebagai pemimpin dari Usaha Sosial Anda, Anda harus sadar bahwa berbicara bukan merupakan hal yang masalah, sehingga harus dilatih. Terlebih lagi sebagai pemimpin, anda harus berhasil menginspirasi anggota tim anda. Oleh karena itu, belajar untuk berbicara dengan baik sangat penting untuk pertumbuhan Usaha Sosial Anda.

3. Persiapan itu penting

Mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi apapun akan membuat komunikasi menjadi lebih efektif. Ketika mengahdapi rapat bersama investor dan anggota tim, interview, atau konferensi, anda dapat mencatat poin-poin yang anda ingin sampaikan. Dengan melakukan hal ini, anda akan terlihat sebagai pribadi yang produktif, siap dalam segala situasi, lebih percaya diri, profesional dan inspiratif.

4. Letakkan publikasi tujuan pendirian usaha sosial anda supaya seluruh anggota tim selalu mengingatnya.

Setiap harinya, anda dan anggota tim akan menemukan berbagai macam tantangan baru yang menguji kemampuan pengambilan keputusan seluruh elemen usaha sosial anda. Saat tantangan-tantangan tersebut muncul, pengambilan keputusan diharapkan selalu memiliki dasar yang kuat, yaitu: Tujuan Usaha Anda didirikan.

5. Pastikan usaha sosial anda memiliki fasilitas whistleblowing dan feedback

Dengan memberikan wadah bagi anggota tim untuk menyampaikan pendapatnya dan melaporkan masalah yang mereka alami, usaha sosial anda akan menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja dan mampu berkembang setiap harinya.



SEMOGA BERMANFAAT

sumber 

Komunikasi Internal - Pengertian - Ruang Lingkup - PakarKomunikasi.com

Sekilas Komunikasi Internal | Komunikasi Internal (wordpress.com)

5 Cara Membuat Komunikasi Internal Menjadi Lebih Efektif - PLUS | Platform Usaha Sosial









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Voice - Silence and Employee Participation

 Cipta Madani Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam INTERNAL COMMUNICATION Pinder and Haris (2001) mendefinisikan silence sebagai ketia...