Kamis, 11 November 2021

Peran Manajemen dalam Komunikasi Internal

 INTERNAL COMMUNICATION

Cipta Madani 

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam semester III



Berbicara mengenai komunikasi seolah tidak ada habisnya, karena bidang keilmuan yang satu ini memang mencakup hampir keseluruhan aspek dalam kehidupan sehari-hari.






Hovland menyatakan komunikasi adalah proses dimana seorang individu atau komunikator mengoperasikan stimulus biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal maupun nonverbal) untuk mengubah perilaku individu lain.

Dari definisi diatas, maka salah satu tujuan komunikasi adalah mengubah tingkah laku individu untuk mencapai itu harus melalui berbagai tahapan atau proses komunikasi dengan pendekatan manajerial. Pendekatan manajemen dibutuhkan oleh setiap organisasi karena tanpa manajemen semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit.

Manajemen komunikasi adalah manajemen yang diterapkan dalam kegiatan komunikasi. Ini bearti manajemen akan berperan atau sebagai penggerak aktivitas komunikasi dalam usaha pencapaian tujuan komunikasi.

Komunikasi internal merupakan komunikasi yang terjadi disebuah organisasi. Komunikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja SDM yang ada didalamnya. Adanya proses pertukaran informasi diantara kepala-kepala bagian tiap divisi. Dalam sebuah organisasi tentunya akan terjadi konflik atau permasalahan yang dianggap tidak sesuai dalam sebuah organisasi. Setiap kepala-kepala divisi dalam sebuah organisasi memiliki tugas dan perannya masing-masing untuk mempunyai tujuan organisasi sehingga hubungan komunikasi internal yang baik harus terjalin diantara kepala-kepala divisi organisasi.




Peran manajemen komunikasi di berbagai bidang internal, seperti berikut :

a. Manajemen komunikasi untuk bidang jurnalistik

Jurnalistik merupakan salah satu jenis aktivitas khas komunikasi yang lebih memusatkan perhatian pada cara mencari, menumpulkan, menyeleksi, dan mengolah informasi yang mengandung nilai berita, serta menyajikannya kepada khalayak melalui media massa baik cetak maupun elektronik.

b. Manajemen komunikasi untuk bidang kehumasan

Kehumasan merupakan aktivitas komunikasi untuk memasarkan dan menumbuhkan citra organisasi dengan memanfaatkan berbagai jenis media sebagai saluran informasinya.

c. Manajemen komunikasi untuk bidang penyiaran

Penyiaran berasal dari kata siar, yakni pendistribusian informasi dengan menggunakan peralatam pemancar yang dipancarkan dari suatu radio atau televisi.

d. Manajemen komunikasi untuk bidang penyuluhan

Penyuluhan merupakan aktivitas komunikasi yang mengelola informasi dengan tujuan untuk perubahan sikap.


Pertukaran informasi dalam organisasi mmerupakan penghubung antar anggota dan penghubung anggota dengan pimpinannya sehingga diperlukan pola komunikasi. Secara umum ada 2 pola komunikasi, yaitu Saluran Komunikasi Formal dan Saluran Komunikasi Informal.


SEMOGA BERMANFAAT


sumber :

Tugas Komunikasi Internal: SEKILAS KOMUNIKASI INTERNAL (goldasitumorang-kominterselasa.blogspot.com)

Sekilas Komunikasi Internal | Komunikasi Internal (wordpress.com)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Voice - Silence and Employee Participation

 Cipta Madani Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam INTERNAL COMMUNICATION Pinder and Haris (2001) mendefinisikan silence sebagai ketia...